WINTER 101: BENDA YANG WAJIB DIBAWA KETIKA BERLIBUR DI MUSIM DINGIN

9:02 PM


Winter is coming to the TOWN!
Tapi town nya orang hehehe. Di Indonseia mah malah lagi musin hujan.
Memasuki akhir taun, pasti banyak banget dari kalian yang udah punya plan untuk ngambil liburan di akhir taun. Buat temen temen yang punya plan liburan ke negara yang lagi winter, aku bakal kasih tau barang-barang apa yang WAJIB kamu dibawa ketika berpergian atau berlibur di musi dingin.
Kita yang hidup di negara tropis pasti punya mimpi pengen melihat dan merasakan bermain main dengan salju, ya secara di Indonesia gak ada musim dingin yang bersalju. Tapi sebenernya musim dingin itu agak tricky karena dinginnya DINGIN BANGET! Terlihat seru bermain dengan salju, tapi sometimes we can't handle it, rasa-rasanya ingin pulang lagi aja ke Indonesia.
Suhu musim dingin itu bukan dingin-dingin ala Puncak atau Lembang tapi literally dinginnya kaya kamu diem di kulkas! Terdengar lebay tapi memang bener. Indonesia yang notabene berada di daerah tropis dan tidak merakasan musim dingin, cuaca musim dingin ini jadi challenge banget buat kita untuk bisa bertahan hidup hehe.
Sedikit informasi, orang yang yang hidup di daerah tropis itu lebih bisa bertahan di cuaca panas daripada di cuaca dingin apalagi yang dinginnya sampai menusuk ke tulang bahkan suhu pada musim dingin itu bisa mencapa minus nol derajat celcius.
Banyak orang yang datang dari negara tropis ketika berkunjung/berlibur ke negara bermusim dingin malah jadi sakit karena perbedaan suhu yang signifikan. Contohnya aku hehe, pas datang besoknya langsung demam gara gara perbedaan suhu (waktu itu aku tinggal di Jakarta yang panasnya luar biasa).
Nah gak mau dong liburan kita berantakan gara-gara sakit, udah sayang-sayang nabung dan ngambil cuti buat liburan, eh malah sakit. 
So apa yang harus dipersiapkan dan barang apasaja yang harus dibawa ketika travelling pada musim dingin.

1. Winter Jacket
Inget jaketnya bukan jaket biasa yang kita pake kalau kita ke Puncak atau ke Lembang. Yang kita butuhin adalah Winter Jacket yang emang dibuat untuk musim dingin.
Sumber: Dokumen pribadi
Kekurangan dari jaket tersebut memang agak berat dan ngabisin tempat di tas. Kita bisa membelinya di toko-toko yang khusus menjual kebutuhan winter. Coat atau jacket sama saja. Tergantung pilihan kamu dan kenyamanan kamu dan tentunya gunakannlah Coat atau Jacket yang memang khusus musim dingin.

2. Daleman Thermal/Long John
Baju dalaman thermal yang bisa menghangatkan tubuh dan mencegah hawa dingin masuk ke badan. Yang belum tau longjohn, Long john itu sejenis manset dan legging yang bisa digunakan sehari hari di Indonesia tapi bedanya Longjohn itu sedikit lebih tebal dan terdapat lapisan penghangat tubuh yang lembut didalamnya.
sumber: google/alibaba

3. Kaos kaki
Cari kaos kaki yang agak tebal biar kaki gak kedinginan tentunya. Bawa kaos kaki beberapa pasang. Kebiasan pribadi aku, aku gak pernah pakai kaos kaki yang sama untuk dipakai jalan dengan yang dipakai tidur. Bawa kaos kaki cadangan untuk jaga jaga kalau kaos kaki kamu basah atau kotor.
sumber: pinterest

4. Sepatu
Gunakan sepatu yang tertutup dan bermaterial tebal untuk melindungi kaki kamu dari hawa dingin. Sepatu boots berbahan kulit atau suede bisa menjadi pilihan selain itu sneaker juga bisa digunakan ketika musim dingin karena bahannya yang agak tebal dan solnya empuk sehingga nyaman dipakai untuk jalan-jalan tapi kelemahannya kalau udah basah ya wassalam, selesai! Kau akan kedinginan!.
Pakailah sepatu yang nyaman, jangan hanya karena ingin terlihat “fashionable” tapi kaki malah sakit dan pegal.
sumber: pinterest

5. Sarung Tangan
Tolong bedakan antara sarung tangan untuk musim dingin dan sarung tangan yang dijual abang abang dipinggir jalan. Sebenernya kalau sarung tangan itu optional aja sih. Tapi menurut pengalaman pribadi jari-jari tanganku sempet berdarah darah karena kekeringan akibat cuaca dingin padahal udah bawa lotion tapi teuteup aja.
Sumber: google/geekbuying

6. Syal
Berguna untuk menghangatkan leher dan aku memasukan syal sebagai barang wajib yang harus aku bawa ketika travelling selama musim dingin.
Sumber: google/Tribun

7. Beanie atau Scarf (red: Kupluk atau penutup jilbab)
Karena pada dasarnya aku memang pake jilbab jadi terkadang aku cuma pake jilbab aja. Tapi pernah juka memadu padankan jilbab dengan beanie. Menggunakan Topi/Beanie dan Scarf itu pilihan masing masing. Bisa juga membiarkan rambutmu tergerai dengan cantik.
Sumber: google

8. Penutup telinga
Kegunaan penutup telinga adalah untuk mencegah telinga kita dari kedinginan karena bisa membuat telinga kita memerah atau bahkan kaku karena dinginnya udara musim dingin.
Sumber: google

9. Lotion dan pelembab muka.
Menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit dehidrasi akibat udara yang sangat dingin. Aku yang mempunyai jenis kulit yang kering pernah mengalami luka luka pada jari jari tangan karena kulitnya tidak bisa terkena cuaca dingin. Selain memakai body lotion, aku selalu mengoleskan petroleum jelly di kulit yang mengalami kekeringan seperti di siku, lutut, muka, jari-jari tangan, dan bibir.

10. Lipbalm/Petroleum Jelly
Menjaga bibir kering dan pecah pecah. Untuk laki laki buang saja gengsimu untuk memakai lipbalm atau mengoleskan sesuatu ke bibirmu kalau tidak mau bibir kamu pecah pecah bahkan bisa sampai berdarah. baik perempuan atau pake disarankan pake. Buat laki-laki gak usah gengsi, daripada bibir pecah-pecah terus berdarah?

11. Botol Minum
Lho apa hubungannya dengan botol minum? Ya tentunya untuk membawa air minum kemana mana. Sebenarnya bisa aja beli air mineral di supermarket atau di toko-toko. Tapi aku lebih suka untuk membawa botol minum kemana-mana. Selain hemat juga gak nyampah dengan botol plastic bekasnya. 
Sumber: google/jakmall
Minum itu penting banget untuk mencegah dehidrasi. Di cuaca dingin kita malas untuk minum karena tidak berkeringat padahal cuaca dingin itu lebih berbahaya dalam menyebabkan dehidrasi.

12. Vitamin atau madu
Untuk menghindari kita terkena flu, batuk, bahkan deman. Pengalamaman pribadi, aku sempet demam disertai flu begitu sampai China pas winter karena perbedaan suhu. Rata – rata suhu di Jakarta setiap harinya sekitar 30 derajat Celsius ketika sampai disana suhunya hanya 1-3 derajat celcius dan ini pertamakalinya aku merasakan udara sedingin itu. Tapi untunya sakitnya gak lama karena aku minum madu dan vitamin. Gak mau kan liburannya terganggu gara-gara sakit. Duh!
Sumber: google/familina

13. Obat-obatan pribadi
Untuk yang satu ini hanya dirimu sendiri yang tahu kondisi tubuhmu. Siapkan obat – obatan pribadi yang biasa kamu bawa. Untuk berjaga – jaga saja. Aku pribadi biasanya sebelum pergi suka minta resep obat dulu ke dokter  karena kebetulan aku punya alergi dengan cuaca dingin (pada waktu itu).

14. Payung/Raincoat
Kenapa harus bawa payung sih. Kita gak pernah tau ada hujan atau tidak hahaha (ini gak cuma di winter aja sih). Intinya sih ntuk menghindari agar baju kita gak basah ketika hujan, karena kalau basah kita bisa tambah kedinginan dan mungkin aja jadi sakit.
sumber: pinterest

Well mungkin segitu dulu dari aku, semoga bermanfaat. 
Selamat Liburan! Jangan lupa share pengalaman liburannya :)
XOXO

You Might Also Like

1 comments