Singapore - Malaysia 8D 7N budget cuma 2,5 jutaan? Bisa!

8:50 AM

Hi dear!

Ditulisan kali ini aku gak akan dulu mereview skincare atau make up tapi aku mau bagi tips ke kalian yang pengen jalan jalan ke luar negeri tapi lagi in budget, so keep on reading!




(Picture taken from google.com)
Bagi yang ingin merasakan pengalaman pertama kali melancong ke luar negeri, mungkin Singapore - Malaysia bisa menjadi pilihan, selain karena dekat dengan Indonesia, harga tiket pesawatnya pun relatif murah. Sebenarnya banyak juga paket tur ala backpacker yang menawarkan perjalanan Singapore - Malaysia dengan biaya yang relatif murah, tapi jika kamu ingin berpergian Solo atau grup kecil dengan teman-temanmu, perhitungan pengeluaran selama perjalanan Singapore-Malaysia ini bisa dijadikan referensi buat kamu.

Dijudulnya ditulis budget 2,5 juta bisa untuk jalan jalan ke Singapore - Malaysia 8 hari 7 malem, kok bisa? Bisa dong, bisa banget! anw biaya perjalanan itu diluar makan, jajan, sama belanja yah, tapi itu udah termasuk Tiket pesawat PP, penginapan, dan pengeluaran transport selama di Singapore-Malaysia.

Ini dia rinciannya:

Buat yang nanya kenapa aku bisa dapet tiket maskapai AA CGK-SIN cuma IDR 200.000,- aku sama temen aku nukerin big points nya AirAsia, jadi kita dapat potongan harga. Harga normalnya kalau ga salah waktu itu sekitar IDR 315.000,-an
Dan kenapa aku gak masukin budget makan disini, karena untuk pengeluaran makan itu bisa diakalin. Kalau pengen hemat misalnya kita makan ditempat yang murah atau bawa mie gelas/roti dari rumah. Jadi itu tergantung masing masing. Kalau macem aku mungkin pengeluaran makan bisa lebih kecil daripada pengeluaran jajan, karena emang anaknya gak doyan makan, lebih sering jajannya hehe. Oh ya biasanya hostel yang kita tinggali juga memberikan service untuk breakfast meskipun cuma roti doang. Tapi kan lumayan :)

Tips:
  1. Kalau kamu traveller in budget kaya aku, hindari menggunakan Taksi/Taksi online di Singapura karena bisa bikin kamu bangkrut seketika. Mendingan budget untuk taksi dialokasiin ke yang lain (makan atau belanja misalkan).
  2. Selalu pakai Transportasi umum (MRT atau Bus) di Singapura. Ini juga ada triknya, mendingan kamu beli STP (Singapore Tourist Pass) semacam tiket terusan untuk bis atau MRT yang berlaku pada waktu yang telah ditentukan, maksudnya jika kamu membeli service untuk satu hari, maka kartu itu hanya berlaku untuk satu hari, apalagi kamu punya plan untuk stay di Singapore lebih dari satu hari. Menggunakan STP ini cukup memangkas pengeluaran. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di http://thesingaporetouristpass.com.sg 
  3. Selalu membawa tumblr/tempat minum kemana pun kamu pergi. Ini juga trik untuk menghemat pengeluaran. Dari pada uang kamu abis buat beli Air mineral kan? Pasti kamu butuh minum banyak selain karena hawanya yang panas, kamu juga harus sering berjalan kaki, remember kita kemana-mana naik MRT. Semua orang udah tau kalau Singapore salah satu negara termahal, jangan bandingin harga air mineral di Indonesia sama di SG, jelas jauh lebih mahal. 
  4. Rajin-rajin olah raga sebelum vacation hehehe, kerasa banget sama aku yang jarang olahraga. Badan dan kaki super sakit karena kemana mana jalan kaki.
  5. Karena in budget jadi tidurnya di hostel aja. Ini cukup menghemat pengeluaran kamu, daripada kamu tidur di Hotel tapi sebelumnya cari-cari dulu review tempat yang bakal kamu tinggali dari orang (banyak situs yang mereview tempat wisata/penginapan kok), kalau dianggap sudah cocok dan sesuai dengan budget, tinggal book deh.
  6. Sering cek situs-situs booking online (ecommerce/website maskapai) untuk mendapatkan harga promo.
  7. Kalo ingin balik modal (minimal tiket pesawat) buka jualan sistem PO. Anw aku balik modal tiket pesawat untuk pulang, lumayan kan?
  8. Sebenernya pulang dari Penang bisa aja pakai bis, harganya lebih murah setengahnya. Tapi dikarenakan waktu itu aku ngejar jadwal sore harus di KL lagi jadi mau gak mau pakai kereta untuk menghindari kemungkinan macet di jalan. Eh taunya keretanya delay hampir sejam. HUFT, sama aja jadinya. Untuk yang milih pakai bis, tenang aja, bis nya enak banget kok. Luas dan bawanya ga serudukan.
  9. Be punctual! Jangan manja.
Untuk itenarary selama perjalanan 8 hari 7 malam aku, nanti bakal aku post di tulisan yang lain. Sekian tulisan dari aku, semoga membantu temen temen yang sedang merencanakan liburan. Kalau ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar atau kirim ke email aku.
Makasih banyak and See you!

XOXO




You Might Also Like

4 comments

  1. itu gimana caranya dapatin harga tiket pesawat semurah itu, masa promo atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Zuhra, sebenernya harga asli tiket pesawatnya sekitar 315-an cuma waktu itu kami nukerin Air Asia big point punya temenku, jadi ada pengurangan harga.

      Delete
    2. i see, asyik juga kalo punya Big point ya, biayanya bisa lebih murah

      Delete
    3. heheh iya...
      Terimakasih sudah visit. Salam Kenal :)

      Delete