RYOKAN: TIDUR ALA DORAEMON DI HOTEL TRADISIONAL JEPANG DAN BERENDAM DI ONSEN TANPA PAKE BAJU SEHELAIPUN (ZAO PLAZA HOTEL REVIEW)

1:39 PM

Hi dear!
Karena lagi ingin banget travelling ke Jepang, jadilah kepikiran buat nulis tentang pengalaman menginap di salah satu hotel tradisional ala Jepang. So, Langsung aja!
Siapa disini yang dulunya seneng nonton Doraemon pas hari Minggu? akur berarti sama aku! Tontonan wajib anak 90an kalau hari Minggu. 
Nah ngomong ngomong tentang Doraemon, kalian pernah gak sih mimpi atau kepikiran pengen juga ngerasain tidur di kasur a la Doraemon? FYI kasur lipet yang dipake doraemon itu naman Futon. Futon merupakan Kasur tradisionalnya Jepang yang terdiri dari Shikibuton (matras) dan Kakebuton (covernya) dan biasanya futon ini digelarnya pas mau tidur dan akan dibereskan kembali keesokan harinya ketika kita sudah tidak memakainya lagi.
Jika kamu  berencana untuk travelling ke Jepang dan ingin ngerasain tidur a la doraemon, kamu harus memilih penginapan atau hotel jenis Ryokan. 
Apa itu Ryokan?
Ryokan (旅館) adalah penginapan dengan fasilitas dan bangunan berarsitektur Jepang. Penginapan ini menyediakan kamar bergaya tradisional Jepang dengan berlantaikan tatami. (wikipedia)
Karena Ryokan ini merupakan penginapan tradisional Jepang, otomatis penginapan tersebut menyediakan "futon" jadi kamu bisa merasakan tidur a la Doraemon. 
Biasanya Ryokan ini dilengkapi dengan fasilitas Onsen (pemandian air panas), Yukata, dan paket makan malem serta sarapan.
Ketika aku ke Jepang waktu itu, aku berkesempatan buat merasakan pengalaman menginap di Ryokan ini. Bahagia rasanya mimpi masa kecil jadi nyata, tidur a la Doraemon. Nama penginapannya Zao Plaza Hotel yang berlokasi di Zao Onsen, Tohoku, Yamagata Perfecture. Aku kurang tahu berapa tarif permalamnya karena waktu itu alhamdulillahnya aku dapat fasilitas gratis dari Pemerintah Jepang (peserta pertukaran pemuda). Tapi aku cek tarifnya di situs booking hotel internasional booking.com, untuk tarif permalamnya sekitar Rp 3.000.000,-/malam untuk satu kamar isi 3 orang (waktu itu kami kebagian sekamar bertiga). Info lebih jelasnya bisa dibuka di tautan berikut.
Heheh ternyata agak mahal ya? Tapi pelayanan yang mereka berikan sebanding kok dengan apa yang dibayarkan. Mungkin kalau suatu saat nanti kita ada Rejeki berlebih dan kebetulan kita lagi ke Yamagata boleh lah Hotel ini dijadikan pilihan.
Fasilitas apa saja yang kita dapatkan selama menginap disana?
Tentunya kamar tidur dan segala isinya. Kamar tidurnya lumayan luas tidak seperti kebanyakan typical Japanese modern hotel yang memang agak kurang luas (dibandingin hotel di Indonesia), super cozy dan nyaman, tradisional khas jepang nya tambah terasa dengan lantai kamar tidur yang beralaskan "Tatami" (we need to be carefull with this). Didalam kamarnya ada meja lesehan, sandaran duduk (apasih namanya gatau), kamar mandi standar jepang, Storage/lemari, kursi+meja duduk (bukan yang lesehan), TV, Aircon, Electric tea pot, Yukata, Slipper dan Peralatan mandi tentunya.
Before they set the beds. They put the futons at the storage and will set the beds when the night comes.


After the staff set our beds
Sesuai dengan lokasinya yang berada di kawasan Zao Onsen, di hotel ini terdapat fasilitas onsen, baik indoor maupun outdoor (WOW!). 
(Outdoor Onsen, source: Booking.com)
cr: Syahir - Malaysia

(Indoor Onsen, source: booking.com)

Onsen adalah tempat mandi berendam dengan air panas yang sumber air panasnya keluar dari perut bumi, tapi sekarang sih di Jepang udah banyak pemandiann air panas yang pakai alat pemanas. Mirip-mirip lah sama pemandian air panas yang ada di Indonesia, tapi tetep aja ada bedanya. Bedanya adalah kalau di Indonesia kita bisa berendam di Air panas dengan menggunakan pakaian, nah kalau di Jepang ini kita tidak boleh menggunakan sehelai pun pas kita masuk ke dalam kolamnya, Yes Telanjang Bulat! (ini serius) tapi tenang aja tempat laki laki dan perempuan dipisah kok, jadi jangan sampai salah masuk tempat pemandian ya?. Sebelum masuk kedalam kolamnya kita diharuskan untuk membersihkan badan terlebih dahulu ditempat yang telah disediakan, kebalik sama yang kita lakukan di Indonesia, biasanya di Indonesia kita berendam dulu baru mandi buat bersihin. Nah kalau di Jepang harus bersih dulu. Jepang kan negara terbersih hehe.
maryam in Yukata right before dipped into Onsen
Untuk berendam di Onsen ada beberapa aturan yang harus kita ikutin, diantaranya:
  1. Simpan pakaian/yukata kamu ditempat yang telah disediakan, biasanya disediakan loker atau keranjang. Harus rapi yah :)
  2. As I said before, kita harus membersihkan seluruh badan kita dengan benar sebelum masuk ke dalam kolam dan pas mandinya itu gak boleh berdiri.
  3. Jangan memakai sehelai benangpun ketika masuk kedalam kolam rendam, apapun!, termasuk handuk, karena biasanya mereka menyediakan handuk kecil.
  4. Jangan berendam terlalu lama, takut dehidrasi. Kalau sudah berendam langsung minum banyak air putih.
  5. Pas berendam, Please keep the bath clean!
  6. Setelah berendam, keringkan dulu badannya sebelum masuk ke tempat ganti baju. (kalau aku sih bilasan lagi setelah berendam, karena kebiasaan di Indonesia aja hehe.
Karena ini pengalaman pertama aku berendam di Onsen, jadi aku cuma nyoba berendem di kolam Indoor aja, agak insecure kalau berendem di luar (tapi sebenernya penasaran huft).
Emang gak malu berendem telanjang bulat gitu? 
Wah iya jelas lah malu banget! di Indonesia ini gak biasa! tapi waktu itu aku mikirnya yaudah lah mumpung di Jepang, gratis lagi, kapan lagi kan menikmati fasilitas gratisan heheh, tetep anaknya gak mau rugi dan ternyata ketagihan. Aku berendem di Onsen ini dua kali, yang pertama di Hotel ini yang kedua diajak sama hostfamily aku yang literally pemandian umum yang jauh lebih besar dan banyak orang (Lebih malu lagi!)
Itu dia sekilas tentang pengalaman berendam di Onsen.
Lanjut membahas hotel ini, di Zao Plaza Onsen Hotel ini terdapat ruang pertemuan yang mungkin bisa menampung sekitar 50 orang, dan tentunya duduknya sambil lesehan di tatami.

Selain itu di hotel ini juga terdapat minishop yang menjual berbagai souvernir, makanan, postcard dll.
Makanan yang disajikan di hotel ini menurut aku ENAK banget! tentunya makanan yang disajikan ketika Dinner dan breakfast adalah makanan tradisional Jepang, biasanya aku pemilih soal makanan tapi disini aku cocok cocok aja sama makanannya. Udah gitu staf-staf nya juga ramah dan helpfull banget.
dinner :)
enjoy your meal :)
breakfast
Pengalaman nginep di Ryokan ini menurut aku seru banget karena memberikan pengalaman yang berbeda dari kita menginap di Hotel biasa. Meskipun Futonnya agak keras tapi aku udah cukup bahagia dengan nginep disana.

Suasana di depan hotel (cr: Syahir-Malaysia)
Adakah keinginan untuk kembali? 
Tentu ada dong! semoga aku dan temen-temen yang udahbaca tulisan aku ini dikasih rejeki buat bisa ngerasain tidur ala Doraemon di Ryokan. Aamiin. 
Mungkin segitu aja tulisan pengalaman aku menginap di Ryokan. Di next post aku akan tulis rekomendasi Budget Ryokan yang cocok untuk traveller in Budget seperti saya ini.
Thank you for visit.
See you on my next post
XOXO

P.S: Mandatory Jenesys 2015 Post Program Activity



You Might Also Like

3 comments

  1. Waaaah seru banget pengalaman nginep di Ryokan. Aku juga lagi ada rencana ke Jepang. Kalau keburu, pengen juga nyobain nginep ala-ala Doraemon. Makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nidy. Iya patut dicoba pas lg ke Jepang. Met liburan.. anw terimakasih sudah visit. Salam kenal :)

      Delete